Berbuat Dosa dan Bertaubat, Lalu Mengulanginya lagi? Kenapa?

  • Whatsapp

Manusia memang banyak sekali melakukan kesalahan. Banyak melakukan hal yang di luar dugaan hingga terkadang membuat kita semua merasa harus geleng-geleng kepala. Jika memang benar manusia ini tempatnya salah maka akan sejalan dengan apa yang akan di bahas kali ini.

            Berbuat dosa, lalu taubat.  Berbuat dosa lagi, lalu taubat lagi. Masalah enggak  ya?

            Allah SWT memang maha pengampun. Maha pemberi pertolongan. Namun bukan berarti diperbolehkan untuk mengulang segala dosa dan kesalahan yang sebelumnya sudah pernah dilakukan.

            Apa tidak malu?

            Sungguhlah  orang yang merugi apabila sudah diberi kesempatan untuk bertaubat tapi lain hari mengulagi kesalahan yang sama.

            Pernah belum mendengar bahwa, banyak sekali manusia yang telah meninggal dunia ingin dibangkitkan dari kubur hanya untuk bersujud pada Allah. Sedang kita yang ada di dunia malah selalu kerepotan mengulang dosa yang jelas-jelas akan ada hukumannya.

            Ada penjelasan di suatu buku yang di tulis oleh penulis legendaris Pramoedya Ananta Toer dalam bukunya yang menceritakan tentang Digul. “Segala perbuatan setitik di bumi saja ada balasannya, bagaimana dengan kesalahan yang selalu di ulang? Tentu saja akan mendapatkan balasannya.”

            Kadang manusia terlalu percaya diri bahwa setelah taubat Allah tidak akan memberikan balasan. Namun ternyata Allah tetap akan memberikan balasan sekecil apapun perbuatan manusia di bumi.

            Bisa saja balasanya tidak berupa kesakitan, namun berupa kebahagiaan yang melimpah hingga kita semua lupa bahwa kita sudah pernah meminta ampunan pada masalah yang sama. Memang benar adanya di dunia ini adalah negeri seni peran, bahwa apa yang dilihat belum tentu seperti apa yang semestinya.

            Itulah mengapa sebagai manusia, kita semua  haruslah memiliki konsep pikir bahwa apa yang akan diperbuat, sekecil apapun  itu pasti akan ada balasannya. Jadi kita akan terbiasa setelah meminta ampunan pada Allah tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

            Jangan sampai kita termasuk golongan orang-orang yang merugi,

            Hanya keledai yang bisa jatuh ke dalam lubang yang sama,

            Padahal manusia adalah makhluk yang derajatnya paling tinggi.

            Memang pada dasarnya untuk menerapkan hal ini kita semua harus memiliki pola pemikiran yang kuat, bahwa apapun itu akan memiliki balasannya. Maka, setelah meminta ampunan, janganlah lupa untuk  meminta jalan yang lurus agar tak kembali pada sebuah kesalahan yang sama.

            Pahamilah, ketika kita berbuat dosa Allah yang akan menolong

            Allah pula yang akan mengampuni dosa kita

            Allah pula yang akan selalu bersama kita, layaknya darah yang mengalir dalam nadi

            Allah pula yang maha melihat, maha mengetahui segala hal di dunia ini.

            Apa salahnya kita berusaha, dan terus berdoa  agar dijauhkan dari masalah yang sama, Minta ampun dengan hati yang lapang, jiwa yang bersih, dan pikiran yang jernih, karena sesungguhnya Allah akan memberikan jalan dan penolong bagi Hamba-Nya yang senantiasa mau bertaubat padanya.

            Tetap pada di track yang sudah ditetapkan ya..

            Bersabarlah, keindahan yang benar-benar nyata adalah ketika bertaubat dan tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *