JUALAN #DiRumahAja SAAT PANDEMI

  • Whatsapp

Wabah corona yang sedang melanda negara kita berhasil mengubah banyak aktivitas masyarakat. Mulai dari physical distancing, wrok from home, dan gerakan dirumah aja  dilakukan agar virus tak semakin menyebar. Yang jelas kondisi ini menjadi ‘’ujian”bagi pemilik usaha. Banyak toko dan pusat perbelanjaan terpaksa tutup sementara karena dampak dari corona ini. Anggap saja wabah ini ibarat uang koin yang punya dua sisi, sisi negatif dan postif. Sisi negatif pasti sudah banyak yang merasakan ya..

Lalu sisi positif nya apa?  Praktisi keuangan dari May Institute Ellen mengatakan saat krisis banyak orang menjadi bangkrut, namun banyak juga orang kaya baru bermunculan. Di tengah kondisi yang sedang tidak stabil kita harus tetap menjalani hari dengan sepenuh hati, Jangan bermalas malasan, yuk semangat mencari cuan! jualan online jadi solusi ketika kamu sedang WFH

Kita bisa memanfaatkan momen WFH untuk menjalankan bisnis online dengan menawarkan bermacam macam produk. Karena orang orang sedang tidak diperbolehkan keluar rumah, jadi solusinya adalah belanja #dirumahaja. Untuk saat ini kamu bisa menawarkan produk yang banyak diburu seperti masker, kebutuhan sehari hari, produk kebersihan , atau produk fashion untuk menyambut ramadhan dan lebaran.   

Mengingat sebentar lagi bulan Ramadhan tiba dimana intensitas orang untuk berbelanja sedang tinggi tingginya. Paling tidak, ada 40% calon customer yang mulai online shopping karena berbagai alasan. Mungkin karena takut kehabisan barang, malas antri, atau mungkin agar saat puasa tidak bingung mencari barang kebutuhan lagi. Kamu harus memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan, lalu apa saja yang perlu disiapkan untuk menggelar lapak di tengah WFH?

  1. Tentukan target dan strategi penjualan

Jangan sampai salah memilih target konsumen. Kemudian cari apa yang sedang tren di musim WFH ini. Jika kedua hal tersebut sudah terencana, kamu bisa menyusun hal hal lainnya yang sifatnya teknis. Seperti diskon, promo, cashback dan lain lain.

  • Perbanyak jenis produk

Saat wabah corona melanda, banyak orang yang wira wiri di online shop mencari barang yang dibutuhkan. Sayang sekali jika peluang ini tidak dimanfaatkan, maka dari itu kamu harus siap dari sisi produk.  Evaluasi data stok produk, cari produk yang sedang banyak dicari. Kemudian carilah supplier yang menyediakan produk dalam jumlah banyak.

  • Hubungi supplier

Jika produk yang kamu jual sedang banyak peminatnya, kamu harus segera menghubungi supplier untuk memastikan ketersediaan stok. Contohnya, kamu adalah reseller naisha, saat ini customermu sedang banyak yang mencari mukena atau produk couple set untuk lebaran. Kamu harus memastikan apakah stok di supplier aman atau tidak untuk memenuhi permintaan customermu.

  • Himbau customer untuk menggunakan mobile payment

Dengan menggunakan mobile payment, kita juga ikut menekan penyebaran virus. Namun ada hal penting yang harus dipersiapkan ketika kamu menerapkan sistem mobile payment, yakni gunakan aplikasi yang dapatmenerima semua jenis pembayaran seperti gopay, OVO, dana, dan lain lain. Banyak manfaat yang didapat dari mobile payment, antara lain

  1. Mudah, nyaman, praktis.
  2. Lebih aman
  3. Transaksi cepat diproses
  4. Bisnis jadi lebih modern
  • Hindari menimbun barang

Ada hal yang perlu diingat, yaitu kita tidak boleh menimbun barang kemudian menjualnya dengan harga yang melambung tinggi dengan tujuan untuk meraup keuntungan pribadi. Berjualan dengan cara menimbun barang jelas tidak sesuai dengan kaidah bermuamalah dalam agama islam, apalagi barang yang ditimbun sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *