MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN

  • Whatsapp

Kepuasan customer sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya usaha, apakah bisa bertahan lama atau malah gulung tikar di tengah jalan. Jika customer mendapat kepuasan, mereka tidak merasa kapok membeli barang yang kamu tawarkan. Kemungkinan besar customer akan melakukan repeat order .  Namun sebaliknya jika mereka tidak puas, maka niat untuk melakukan pembelian ulang pun akan hilang.

Ketika customer sudah loyal dengan usahamu, mereka akan memberikan feedback yang baik. Mereka akan melakukan hal yang baik tanpa diminta. Ketika kamu melakukan kesalahan, customer tidak hanya memaafkan tapi akan memberi kritik yang membangun. Tak hanya itu, customer yang loyal tidak akan sungkan untuk merekomendasikan orang lain untuk membeli di tokomu, jadi kamu juga bisa menjalankan strategi word of mouth dari keloyalan customermu.

 Untuk menciptakan keloyalan customer, membutuhkan proses yang panjang dan tidak ada cara instan untuk mencapainya. Kamu perlu belajar untuk mendapatkannya, disini kita akan membahas apa saja cara caranya:

  •  Berikan perhatian

kadang kita hanya terfokus untuk memberikan penawaran semenarik mungkin sampai melalaikan perhatian kepada pelanggan tentang apa saja kebutuhan dan keinginan mereka.  Jika ingin mendapatkan loyalitas customer, kamu perlu menanyakan produk apa yang mereka butuhkan. Dari pertanyaan tersebut, kamu bisa menggali informasi untuk mendapatkan hati customer. Dengan cara tersebut, kamu akan mudah untuk mempengaruhi mereka untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

  • Rajin follow up customer lama

Jangan hanya sibuk mencari customer baru, kamu perlu menandai siapa saja customer yang pernah membeli di tokomu dan follow up customer tersebut. Tetap hubungi mereka setelah melakukan pembelian, misalnya dengan mengirimkan ucapan terimakasih, mengingatkan ketika ada produk baru, memberikan  promo, atau meminta mereka untuk menilai produk yang dibeli. Dengan begitu, customer merasa dihargai, karena kamu masih mengingatnya, apalagi jika nam customer disebut satu persatu.

  • Buat program loyalitas

Tujuan dari program ini adalah memberikan reward kepada customer yang setia membeli di tokomu. Contohnya, memberikan poin disetiap pembelian, poin ini nantinya dapat ditukar dengan bonus yang sudah kamu siapkan. Memberi potongan harga lebih besar ataupun akses yang lebih mudah untuk pembelian produk tertentu.

  • Ajak customer untuk mengisi kuesioner

Setelah customer melakukan pembelian, mintalah kepada mereka untuk mengisi kuesioner sejenak. Terkait dengan kualitas produk, pelayanan, harga, keinginan mereka terhadap produk yang kamu jual. Hasilnya dapat digunakan sebagai evaluasi usahamu.

  • Berikan kejutan menarik

Memberikan surprise akan membuat emosi customer lebih tergerak daripada cara lain yang sudah biasa dilakukan. Dari kejutan tersebut customer merasa dianggap dan mereka akan bersemangat untuk menceritakan apa yang mereka dapatkan dari pelayananmu.

  • Karakter pelayanan yang kuat

Memberikan pelayanan harus disertai karakrter kuat tapi tidak dibuat buat. Pelayanan yang baik tidak hanya sekedar sopan dan etis saja.  Tapi juga penuh dengan keramahan, semangat, kehangatan, dan perhatian. Jadi mulai dari sekarang, perkuat karakter pelayananmu menjadi lebih baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *