Menghindari Penyakit Sombong dalam Diri

  • Whatsapp

Pernah mendengar pepatah, “Langit tidak perlu menjelaskan bahwa dirinya tinggi” ?

                Rasanya itu adalah sebuah pepatah sederhana yang memang sangat tepat untuk menyikapi penyakit sombong dalam hati. Sombong memang merupakan sebuah penyakit yang terkadang tak akan pernah bisa dibabat akarnya. Pasalnya, sombong ini terkadang ada dalam diri yang sudah tertanam karena berasal dari kata, “enggak apa-apa”

                Darimana datangnya si sombong ini?

                Dari sikap yang terlalu bangga terhadap dirinya sendiri inilah yang membuat seseorang menjadi kerap menyombongkan dirinya sendiri. Padahal di atas langit masih ada langit. Lantas apa yang membuat seorang manusia menyombongkan dirinya sendiri?

                Tahu enggak sih kalau manusia itu adalah partikel yang sangatlah kecil jika dillihat dengan sudut pandang teratas. Bahkan seorang manusia yang paling berkuasa di suatu wilayahpun akan tetap sama kedudukannya jika dilihat dari sudut pandang tertinggi. Bahkan jika dilihat dari angkasa saja, manusia yang hidup di bumi tidak akan terlihat. Lalu dengan bentuk sekecil dan selemah itu apa yang perlu di sombongkan?

Tidak ada…

                Tidak pantas rasanya seorang manusia terlalu berbangga diri akan kebolehannya.

                Tidak pantas rasanya seorang manusia terlalu berbangga diri dengan harta dunianya.

                Tidak ada yang pantas dari manusia yang senang melebih-lebihkan dirinya.

                Manusia sejatinya harus selalu merunduk. Sama seperti ilmu padi, semakin berisi akan semakin merunduk. Tak perlu menjelaskan kepada orang lain mengenai apa yang kita mampu lakukan, apa yang kita miliki dan apa yang sedang kita upayakan. Biarkanlah semua berjalan sebagaimana mestinya. Ya, setidaknya berupayalah dalam diam, karena sebaik-baiknya upaya adalah yang diusahakan dalam diam.

                Manusia memang sejatinya makhluk yang selalu ingin terlihat lebih dari apa yang dimilikinya, terkadang perasaan ini wajar kok. Tak ada salahnya menjadi si optimis, asalkan jangan membuat diri lantas sombong atas segala upaya yang sudah pernah dilakukan.

                Apapun yang sudah kita miliki, atau yang diupayakan oleh kita sejatinya milik Allah. Manusia bisa dikatakan tak punya apapun di dunia ini selain amal perbuatan, maka dari itu apa yang bisa disombongkan? Allah SWT yang serba kaya, maha memiliki segala apapun yang ada pada hamba-Nya.

                Mulai sekarang…

                Pahamilah.. Bahwa segala sesuatu yang ada didunia ini milik Allah semata.

                Jika Allah SWT menginginkan mengambil yang kita punya dari kita, maka diambilah apa yang sebelumnya dititipkan oleh kita. Mudah bagi Allah untuk membolak-balikkan nasib manusia. Maka dari itu untuk alasan apapun,  sombong terhadap apa yang ada dalam diri bukanlah sesuatu yang patut untuk dibanggakan.

                Lalu apasih yang harus dilakukan?

                Rendah hati.

                Jika memiliki sesuatu yang lebih jadilah seseorang yang rendah hati dengan berbagi apa yang dimiliki untuk orang lain. Tak hanya harta yang bisa dibagi, namun ilmu dan hal kecil lainnya juga bisa dibagi. Pada dasarnya manusia hidup untuk terus berbagi. Maka perbanyaklah berbagi kepada sesama manusia, selagi memiliki sesuatu yang memang lebih.  Agar apa yang diberikan oleh Allah SWT memiliki makna yang jauh lebih terasa jika terus dibagikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *