Menyikapi Masa Lalu : Hari ini, Esok Harus Lebih Baik Lagi

  • Whatsapp

Menyikapi masa lalu? Bagaimana Caranya?

Ngomong-ngomong  soal masa lalu, rasanya sudah malas enggaksih untuk mendengarnya?

Read More

 Bahkan kadang kita semua merasakan bahwa masa lalu adalah sesuatu yang sudah terjadi dan tidak dapat di ubah lagi. Memang masa lalu adalah sesuatu yang tak lagi perlu dipusingkan. Tapi tunggu dulu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan lagi lebih dalam mengenai menyikapi sebuah masa lalu.

Terkadang di masa sekarang ini kita semua merasa sebuah masa lalu adalah sesuatu yang memang harus dilupakan sesegera mungkin. Alih-alih ingin move on namun terkadang  justru sesuatu yang ingin dilupakan akan menjadi sesautu yang paling kita ingat.

Jadi gini, percaya enggaksih kalau kita mau melupakan sesuatu justru kita akan berusaha untuk mengingatnya terlebih dulu. Hal inilah yang terkadang membuat kita akan terlalu keras berpikir akan hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan berlarut-larut.

Tak ada salahnya memang memiliki keinginan untuk bergerak maju, atau yang biasa dikenal dengan move on. Namun.. jangan buru-buru ya, ada beberapa hal yang bisa saja diambil dari sebuah masa lalu.

Masa lalu adalah ladang belajar bagi kita semua. Ladang belajar untuk updgrade diri menjadi jauh lebih baik lagi dibandingkan dengan yang sebelumnya. Maka dari itu sudah saatnya kita semua percaya bahwa masa lalu tak selamanya harus buru-buru untuk dilupakan.

Masa lalu merupakan salah satu yang memang pada dasarnya sesuatu yang dapat dijadikan sebuah pembelajaran terbaik pada kehidupan di masa kini.

Ingat, masa lalu adalah ladang pembelajaran seorang manusia.

Dari masa lalu kita semua belajar untuk menjadi pribadi yang lebih kuat

Dari masa lalu kita belajar untuk menjadi pribadi yang jauh lebih tabah

Bahkan dari masa lalu kita belajar untuk menjadi pribadi yang selalu memohon ampunan pada Allah atas kesalahan yang ada.

Lantas bagian mana lagi yang harus di sesali dari sebuah masa lalu?

Pernah enggaksih kepikiran kalau selama ini, kita semua bisa sampai ke titik ini karena adanya peran masa lalu yang terus-terusan membentur kita hingga menjadi pribadi yang jauh lebih terbentuk.

Pernah ada suatu kutipan dari seorang penulis terkenal Pramoedya Ananta Toer mengenai pribadi yang semakin sering terbentur di masa lalunya, maka di masa yang akan mendatang menjadi lebih terbentuk.

Kita semua memang harus bany bersyukur, terlebih bersyukur pada sebuah masalalu yang sudah banyak mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang jauh lebih kuat lagi di masa depan.

Tugas manusia saat ini selain belajar dari masalalu juga harus bersyukur, karena akan adanya masa lalu kita menjadi pribadi yang selalu berusaha untuk upgrade diri menjadi jauh lebih baik lagi.

Jadilah diri sendiri yang selalu menerima masa lalu,

Jadilah diri sendiri yang selalu bergerak maju.

Apapun itu, lakukan bahwa hidup sejatinya akan terus belajar. Termasuk belajar dari masa lalu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *