Sudah Melakukan Banyak Hal, tapi Merasa Buang-Buang Waktu?

  • Whatsapp

Kadang merasa serba salah ya jadi manusia, diam saja dianggap tidak produktif, banyak berkegiatan tapi merasa buang-buang waktu. Lalu apa? Apa penyelesaiannya?

Menjadi manusia memang harus mengisi segala waktunya menjadi jauh lebih bermakna. Kadang kita semua lalai, jika waktu itu terus berputar dan tidak akan bisa di ulang kembali. Terkadang kita lalai akan segala hal aktivitas yang seharusnya dilakukan. Justru kita malah sibuk mengejar sesuatu yang sebenarnya hal tersebut termasuk dari membuang-buang waktu.

Ah, lelah ya rasanya..

Tunggu dulu, jangan buru-buru ingin diam saja.

Walaupun bagaimana, waktu akan jauh lebih bermakna jika di dalamnya di isi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.  Bermanfaat itu maknanya luas, luas sekali. Bahkan jika boleh diibaratkan, manfaat seseorang yang hidup di muka bumi ini sama  dengan banyaknya buih yang ada  di lautan yang bertugas memecah karang.

Banyak sekali tugas-tugas yang harus diselesaikan setiap manusia yang hidup di muka bumi ini. Maka dari itu tak ada satupun manusia yang boleh menunda-nunda setiap kegiatan yang memang seharusnya dilakukan.

Berbicara mengenai menunda-nunda, sering enggaksih kita melakukannya?

Rasanya menunda-nunda pekerjaan adalah suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan yang susah untuk dilupakan. Kenapa ya kok bisa begitu?

Tahu enggak sih menunda-nunda waktu ini terjadi karena memang terbiasa menunda. Sebuah pemikiran yang hadir dari ‘kebiasaan’ maka hal ini akan sulit untuk ditinggalkan. Lalu apaya yang bisa dilakukan dengan tidak menunda-nunda suatu pekerjaan?

Satu-satunya adalah dengan cara dipaksa.

“Kita bisa karena dipaksa.”

Sebagai manusia kita memiliki sebuah gerak yang mampu kita kendalikan setiap harinya. Baik, buruk, senang tak senang semua bisa kita lakukan dengan mudah.Siapapun yang melakukannya tentu saja akan merasakan kenyamanan dalam hidup.

Jika sebagai manusia, kita semua bisa melakukan apa yang memang harus dilakukan untuk saat ini juga, maka tak ada  salahnya untuk melakukannya sekarang juga. Bergeraklah, karena memang pada dasarnya manusia adalah makhluk yang memang makhluk yang terus beraktivitas. Maka dari itu tak ada salahnya untuk melakukan banyak hal yang memang memiliki sebuah manfaat untuk diri sendiri maupun untuk banyak orang yang ada di bumi.

Isilah banyak waktu luang dengan beragam kegiatan  bermakna, jangan sampai waktu menjadi terbuang sia-sia.  Pasalnya waktu adalah sesuatu yang tidak akan pernah bisa untuk diulang kembali.

Sebaik-baiknya waktu adalah waktu yang digunakan untuk kegiatan yang memang benar-benar bermanfaat.

Jika seseorang berhasil dalam menggunakan waktu dengan baik, maka tak menutup kemungkinan kebahagiaan manusia akan selalu tampak dari raut wajahnya. Maka dari itu pergunakanlah waktumu sebaik-baiknya, dan sebaik-baiknya pengguna waktu adalah pengguna waktu yang tak hanya memikirkan dirinya sendiri namun juga turut memikirkan orang lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *