PERCANTIK PROFIL INSTAGRAM

  • Whatsapp

Setelah membuat akun khusus untuk berjualan, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil instagram agar lebih jelas. Profil adalah gambaran pertama ketika ada yang mengunjungi akun instagrammu. Lalu apa saja yang harus ditonjolkan dalam profil instagram?

Read More

Ada beberapa komponen utama profil yang perlu diperhatikan untuk membangun eksistensi online shop kamu, yaitu:

1. username

Pemilihan username memang terlihat sepele, padahal pengaruhnya besar. Username adalah identitas utama yang nantinya akan muncul di feeds dan diingat oleh followers. Tips memilih username:

– gunakan username yang jelas, singkat, dan mudah diingat

– usahakan username instagram disamakan dengan username sosial media lainnya, dengan tujuan untuk mempermudah pencarian.

-hindari memilih nama yang membuat akunmu terlihat tidak profesional dan kurang kredibel. Pemilihan username yang sebaiknya dihindari: terlalu banyak emoji, menggunakan banyak angka (@naishahijrah10928746),  terlalu banyak underscore (@Naisha__hijrah.____).

-underscore hanya digunakan untuk pemisah antar kata (@naisha_hijrah)

2. foto profil

Gunakan logo online shopmu sebagai foto profil atau image lain yang berkaitan dengan bisnis / jualan yang kamu punya. Pilih gambar yang jelas dan tidak terpotong ketika dicrop berbentuk lingkaran.  Pakailah foto profil yang sama di semua sosial media ( wa, facebook, instagram) agar orang dapat mengenal olshopmu dengan mudah.

3. nama

Banyak sebutan untuk kolom ini. Ada yang menyebut nama, headline, atau tagline. Letaknya ada dibawah foto profil dan di atas bio dengan tulisan tebal/bold. Nama instagram berisi maksimal 30 karakter yang bisa diganti kapan aja. Seperti username, nama instagram bisa dicari lewat pencarian instagram. Kekeliruan yang jarang diketahui orang orang adalah menulis ulang usernamenya di kolom ini. Misal username @naishahijrah kemudian di kolom nama ditulis lagi naisha hijrah. Sebenarnya sah sah aja terutama jika akunmu sudah dikenal banyak orang, tapi jika kamu masih pemula dengan followers yang belum banyak, sangat disayangkan apabila fitur ini tidak dimanfaatkan. Kamu bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan follower dari pencarian instagram.

Contohnya adalah akun instagram naisha. Username nya naisha.katalog dengan tagline gamis dan khimar syar’i. Cara ini untuk memudahkan pencarian ketika ada orang yang memasukkan kata kuci gamis, khimar, syar’i.

4. bio

Bio adalah kesan pertama yang dibaca pengunjung profil ig kamu. Bio harus menjelaskan siapa kamu, apa yang kamu tawarkan, dan mengapa mereka tertarik mengunjungi instagrammu. Maka dari itu, kamu perlu mengoptimalkan isi bio dengan jelas dan lengkap. Bio yang menarik dari sudut pandang audiens akan membuat mereka tertarik mengikuti instagram kamu. Bagaimana caranya?

  • tidak hanya beritahu apa yang kamu posting, beritahu juga value yang akan didapat oleh pengunjung instagrammu. Misalkan kamu adalah reseller naisha

“gamis dan khimar syar’i untuk mempercantik harimu”

  • cantumkan link wa, shopee, line untuk memudahkan cutomer untuk order, sertakan kalimat ajakan “klik link dibawah untuk order”
  • gunakan emoji

Menggunakan emoji bisa membuat bio jadi lebih hidup, berikut ini beberapa kegunaan emoji:

– dengan menampilkan emoji 😁 memberi kesan  bahwa kamu ramah dan bersahabat

–  karena bio hanya dapat diisi maksimal 150 karakter, penggunaan emoji membuat bio jadi lebih ringkas. ganti kata email, telepon, alamat, menggunakan emoji 📧📞📍

– Bisa dijadikan Simbol poin atau bullet ✅✔▪⚫

-Memperjelas ajakan untuk klik link dibawah 👇

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *