SHOPEE DAN BERBAGAI KEUNTUNGANNYA

  • Whatsapp

Menjual barang di marketplace dapat dijadikan sebagai media online marketing untuk bisnismu. Tidak hanya UKM saja, bahkan pemilik brand perusahaan besar juga ikut menjual produknya di marketplace. Kecenderungan konsumen untuk scrolling aplikasi belanja online membuat jual beli via marketplace menjadi tren saat ini. Tentunya hal ini menjadi peluang yang tidak boleh disia siakan oleh pemilik usaha untuk menjangkau lebih luas target konsumennya dengan cara membuka lapak di marketplace.

Salah satu marketplace yang sekarang sedang banyak peminatnya adalah shopee.  Sejak pertama hadir di tahun 2015, shopee fokus menjadi platform untuk jual beli online yang mudah diakses melalui smartphone maupun pc. Sebagai salah satu marketplace yang ada di negara kita, shopee berhasil memikat jutaan masyarakat yang dibuktikan dari banyaknya produk yang dijual setiap harinya. Bagi kamu yang sedang bingung mencari tempat yang cocok untuk bisnis online, shopee menjadi pilihan yang tepat untuk membuka lapak bisnismu. Lalu mengapa harus memilih shopee untuk berjualan?

1. shopee adalah lapak serba ada

Salah satu keuntungan jualan di shopee kamu bisa menjual apa saja karena shopee punya kategori produk yang sangat banyak, mulai dari kebutuhan sehari-hari, fashion, otomotif, kesehatan sampai produk barang mewah. Kamu punya kebebasan untuk berjualan apa saja dengan catatan produk yang dijual bukan barang yang dilarang oleh pihak shopee. Daftar produk yang tidak boleh dijual bisa dilihat di link berikut ini

https://shopee.co.id/docs/3000

2. punya lebih banyak pengunjung

Jika dibandingkan dengan marketplace lainnya, konsumen shopee memang lebih besar. Karena pengunjungnya lebih banyak, secara otomatis produk yang kamu jual punya peluang yang besar untuk  laku keras jika dijual di shopee.

3. banyak event menarik bagi seller dan buyer

Shopee kerap sekali memanjakan konsumennya jika dilihat dari program yang diadakannya. Program tersebut tidak hanya menguntungkan pembeli, para penjual pun juga merasakan dampak positifnya. Contoh program yang hampir ada setiap bulan adalah gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Program gratis ongkir banyak dimanfaatkan pembeli untuk membeli barang yang diinginkan, dengan adanya program tersebut, otomatis akan mempengaruhi peningkatan penjualan bagi pihak seller.

4. terintegrasi dengan sistem pengiriman paket

Untuk kecanggihan teknologi, shopee memang tidak perlu diragukan lagi. Salah satu alasan mengapa shopee dapat menyaingi marketplace lain karena penjual tidak perlu repot repot menulis kembali alamat pembeli. Setiap pembelian, sistem dishopee otomatis terintegrasi dengan sistem pengiriman paket. Jadi penjual hanya perlu menuliskan kode pengiriman saja. Pihak ekspedisi tinggal memasukkan kode tersebut, kemudian data penerima paket akan otomati muncul dalam sistem. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi kesalahan informasi pengiriman paket

5. sistem up

Shopee punya keunggulan lain yaitu sistem sundulnya yang adil, semua orang yang berjualan di shopee punya kesempatan untuk mempromosikan produknya di halaman terdepan. Kamu bisa menaikkan 5 produkmu dalam sekali promosi. Manfaatkan fitur ini setiap 4 jam sekali secara gratis.

6. reward bagi penjual

Adalagi fitur jualan di shopee yang menguntungkan pihak seller, yaitu reward bagi penjual berprestasi. Salah satunya adalah label star seller.  Setiap penjual yang berhasil menyandang star seller mempunyai keuntungan yaitu produknya akan sering dipromosikan oleh pihak shopee. Jadi jangan malas untuk berusaha keras mendapatkan penghargaan star seller tersebut.

Ada hal lain yang perlu diketahui selain keunggulan jualan di shopee, yaitu kekurangannya

1. kamu harus punya modal terlebih dahulu

Setiap penjual harus memiliki modal dulu entah bagi yang memakai sistem dropship ataupun yang nyetok baranglangsung. Hal ini dikarenakan uang dari pembayaran konsumen tidak bisa langsung kamu terima, sistem shopee baru akan mencairkan uangmu minimal 3 hari setelah resi pengiriman diinput. Jadi kamu harus punya modal untuk tetap menerima pesanan dari pembeli lain.

2. persaingan harga yang ketat

Jika ingin memulai jualan di shopee jangan terkejut dengan persaingan harganya yang luar biasa. Banyak orang yang memakai marketplace ini untuk jualan, sehingga persaingannya tidak hanya pada kualitas barang dan pelayanan saja, melainkan harga yang dibuat semurah mungkin.  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *