STEP STEP MEMASARKAN PRODUK

  • Whatsapp

Materi ini masih berhubungan dengan materi sebelumnya, yaitu memasarkan produk secara online atau offline. Sekarang ini orang orang lebih tertarik memasarkan sesuatu lewat online untuk customernya. Karena berbagai alasan seperti lebih mudah, efisien, fleksibel dan lain lain. Padahal jika ada kombinasi antara online dan offline, usahamu akan lebih sukses menarik perhatian dan meningkatkan penjualan. Mau tahu cara memasarkan produk secara offline dan online?

Pertama kita bahas yang offline dulu ya.

Walaupun marketing online sedang banyak peminat, bukan berarti marketing offline dilupakan. Marketing online akan semakin optimal jika didukung pemasaran offline. Marketing online memang punya jangkauan lebih luas, tapi pemasaran offline punya pendekatan yang efektif ke customer. Customer dapat berinteraksi langsung dengan seller dan melihat produk yang dipasarkan. Itu sebabnya kamu juga perlu memahami marketing offline. Cari tahu dan pahami teknik memasarkan produk secara offline agar kamu dapat melakukan cara yang optimal untuk memasarkan jualanmu. Jika kamu belum megetahui bagaimana caranya, mari kita simak pembahasan dibawah ini..

Yang harus kamu lakukan adalah kenali lingkup terlebih dahulu. Jika kamu seorang mahasiswa, kamu bisa menawarkan produk naisha ketika rapat organisasi, ke komunitas yang kamu ikuti, teman teman di kampus, atau ke teman teman di kost. Karena produk naisha sangat cocok dipakai untuk anak kuliah. Jika kamu ada di lingkungan ibu-ibu, bisa juga menawarkan saat ada arisan, kajian, atau acara kompleks perumahan. Lalu bagaimana cara menawarkannya? Bawa barang dagangan ke acara yang sedang kamu ikuti. Tawarkan dan persilahkan calon customer memastikan sendiri barang jualanmu, sampaikan keunggulan yang naisha punya. Setelah itu, beri tahu nomor wa atau instagram online shopmu, dengan harapan orang orang bisa repeat order baik secara offline maupun online.

Kemudian gunakan strategi word of mouth, atau promosi dari mulut ke mulut. Cara ini masih berhubungan dengan cara pertama. WOM merupakan cara jitu promosi tanpa mengeluarkan biaya tapi sangat efektif. Sangat cocok untuk orang Indonesia yang senang berkumpul dan bersosialisasi dengan teman teman. Banyak dari kita juga suka menanyakan

produk sebelum membeli. Misal kamu mereview produk naisha nyaman dipakai, bahannya adem, modelnya elegan, orang yang mendengarkan review dari kamu akan dengan mudah percaya dan terpengaruh. Itulah mengapa metode word of mouth masih sering digunakan di jaman sekarang.

Cara kedua adalah memasarkan produk secara online

Selain dengan cara offline, Agar usahamu bisa lebih dikenal banyak orang, kamu bisa memasarkannya via online dengan jangkauan lebih luas. Online marketing adalah memasarkan produk kepada masyarakat menggunakan internet. Dibandingkan dengan marketing offline, marketing online sifatnya lebih fleksibel, bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Media sosial masih menjadi alat utama untuk mepromosikan jualanmu. Kamu bisa membangun reputasi dan brand toko onlinemu dengan aktif di media sosial. Kamu juga bisa memperkenalkan kepada publik dan  mendorong  customer  mencari  info  tentang  olshopmu. Media yang bisa digunakan dalam online marketing, antara lain instagram, facebook, whatsapp.

Strategi WOM bisa juga digunakan untuk marketing online. Contohnya, customer merasa puas dengan produk yang dibeli kemudian memberikan testimoni positif di kolom komentar. Komentar tadi membuat orang lain yang membaca ikut terpengaruh ingin membeli produk yang sama. Secara tidak langsung ia sudah melakukan strategi word of mouth. Dua cara tadi akan lebih efektif ketika kamu menawarkan sambil menggunakan produknya langsung, sehingga kamu bisa lebih meyakinkan orang di sekitarmu bahwa produk naisha yang kamu pakai sangat cocok untuk dibeli.

Untuk memulai memasarkan produk secara online apa saja yang harus kamu siapkan?

  1. Kamu harus punya smartphone dan kuota internet
  2. Membuat media sosial khusus untuk berjualan seperti instagram dan facebook
  3. Siapkan nomor hp dan wa aktif yang dapat dihubungi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *